• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 21.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0857-2240-1988
  • SMS/WA: 085640399497
  • cs.koleksiboneka@gmail.com
Terpopuler:

Pabrik Boneka Maskot Pertamina Unit Pengolahan IV

09 March 2019 - Kategori Blog

Proses Pembuatan Boneka Maskot

Pengrajin boneka KBC Toys bekerjasama dengan beberapa pabrik boneka yang ada di Indonesia dengan tujuan untuk memajukan produk-produk local yang berkualitas dan diharapkan dapat bersaing dengan produk-produk luar negeri. Seperti pabrik yang berada di jawa barat, jawa timur, dan jawa tengah dibuatlah berbagai macam boneka seperti boneka maskot pertamina unit pengolahan iv. Boneka yang dihasilkan sudah berlabelkan SNI jadi aman untuk semua kalangan. Dan sudah tahukan Anda kalau produk Indonesia seperti boneka ini di produksi di Indonesia setelah itu dijual sampai mancanegara. Kami sebagai pengusaha boneka bangga produk-produk dalam negeri dapat diterima di luar negeri. Mari belajar bersama-sama dengan membaca tahapan-tahapan pembuatan boneka. Bagaimanakah proses pembuatan boneka itu sendiri? Semoga dengan artikel yang saya buat ini, dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan. Ternyata proses pembuatan boneka itu melalui beberapa tahapan, simak yuk tahap-tahap proses pembuatan boneka maskot sampai selesai.

Tahap pertama yaitu proses pemotongan kain untuk boneka. Kain menjadi bahan utama dalam pembuatan boneka maskot. Pemilihan kain ini bisa Anda sesuaikan dengan permintaan. Macam-macam kain yang bisa digunakan oleh para pengrajin boneka seperti kain rasfur, kain velboa, kain snail, dan kain yelvo. Setiap kain yang digunakan ini memiliki keunggulan masing-masing, karena jenis kain beragam jenis maka cara pemotongannya juga berbeda-beda.

  1. Hand Cutting yaitu pemotongan kain dengan cara manual untuk jenis kain biasa.
  2. Press Cutting yaitu pemotongan kain menggunakan pisau khusus yang ditekan dengan mesin press, dan cara ini digunakan untuk jenis kain yang tipis.
  3. Khusus kain yang berbulu panjang atau kain rasfur, kain dipotong menggunakan teknik fire cutting atau teknik cap bakar yaitu proses pemotongankain menggunakan bahan dasar asbes sebagai media pemanasnya. Alat ini Bentuknya seperti setrika dan konsepnya sama dengan setrikaa biasa. Setelah papan asbes sudah panas, gunakan segera untuk memotong buli-bulu kain yang panjang.
  4. Teknik Laser. Teknik ini merupakan teknik pemotongan kain boneka ini paling canggih karena proses ini menggunakan komputer dan sinar laser, jadi sinar laser tersebut langsung memotong kain sesuai dengan pola yang sudah di program komputer. Teknik laser ini hasilnya akan terlihat rapid an lebih cepat dibandingkan teknik lainnya.

Boneka Maskot Pertamina Unit Pengolahan IV Tampak Depan

Tahap Kedua Proses pembuatan boneka yaitu menjahit pola yang sudah terpotong-potong dengan cara menjahit satu persatu pola kain, sesuai dengan bagianya masing-masing hingga membentuk kerangka boneka, mulai kepala, badan hingga ekor boneka.

Tahap Ketiga Proses pembuatan boneka yaitu tahap pemasangan bagian-bagian tubuh dari boneka seperti mata dan hidung. Proses pemasangan ini menggunakan bantuan mesin hidrolik supaya tidak mudah lepas saat digunakan.

Tahap Keempat Proses pembuatan boneka adalah pengisian boneka atau staffing, kerangka boneka yang sudah melalui proses jahit dan sudah jadi di isi dengan bahan sintetis. Bahan yang sering digunakan oleh para pengrajin boneka yaitu bahan dari Dakron, karena bahan ini mudah ditemukan dan cepat mengembang walapun lama dipakai dan berkali-kali di cuci. Sebelum dimasukkan ke dalam kerangka boneka, urai terlebih dahulu dacron tersebut supaya dacron benar-benar mengembang secara sempurna. Setelah ini baru masukkan dacron kedalam mesin pengisian, maka proses pengisian boneka lebih gampang dibanding secara manual.

Tahap Kelima Proses pembuatan boneka adalah tahap finishing/tahap akhir. Pada tahapan ini lubang boneka tempat pengisian dakron tadi dijahit secara manual, untuk boneka yang dari bahan rasfur setelah selesai dijahit kemudian sisir bulunya dan dirapikan juga bulu-bulunya. Setelah proses itu selesai, lanjut ke proses pemasangan akesoris atau hiasan boneka lainya, seperti memasang pita, syal atau aksesoris lainya.

Setelah melihat kelima proses tersebut, menurut kalian tahap pembuatan boneka diatas bisa di mengerti belum ya? Setelah membaca semua proses pembuatan boneka maskot tersebut, kita lanjutkan ke proses pengemasan. Proses ini diwajibkan untuk menghindari agar tidak terkena kotoran yang kemudian boneka dikirim ke kantor KBC Toys dan selanjutnya siap dikirim ke pelanggan setia KBC Toys. Ada beraneka bentuk dan warna boneka yang tersedia di tempat kami, ukuranya pun juga bermacam-macam mulai dari boneka yang ukuran besar sampai boneka yang kecil atau mini. Terbukti kalau produk lokal atau buatan indonesia ini sudah berkualitas tinggi bahkan berstandard international.

, , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *